Coba perhatikan tab browser di atas dan di bawah ini. Lihat di pojok kiri. dan Anda akan menemukan logo Jasa Cuci Sofa, Web Hosting, Youtube dan Google di tab browser tersebut.

Cara Membuat Logo Favicon di HTML



Apa itu Favicon?
Favicon, kependekan dari favorite icon, adalah gambar ikon website yang berfungsi sebagai identitas visual website. Favicon biasanya muncul di tab dan bookmark browser. 

Mengapa Anda perlu menggunakan favicon untuk website? Alasannya adalah memudahkan visitor untuk mengingat website Anda. Dengan adanya favicon, website Anda juga akan terlihat lebih profesional, dan lebih mudah untuk menonjol di antara website lain sehingga orang lebih mudah menemukan situs Anda. Berikut langkah-langkahnya:

Kode HTML-nya akan terlihat seperti ini: 




Copy kan kode kuning di bawah ini pada HTML kalian, pastikan kalian memasangkan tepat dibawah <Head> lihat seperti contoh gambar di atas berikut:
<link rel="icon" type="img/jpg" href="img/namalogo.jpg">




Pastikan nama kode sesuai dengan nama folder dan format foto. 
Seperti gambar di atas, tempat saya menyimpan logo saya berada di folder img maka saya tulis di kode dengan nama img dan format foto jpg. jika tempat penyimpanan logo kalian berbeda dengan saya, maka kalian bisa tuliskan kode sesuai dengan tempat kalian menyimpan logo kalian. Contoh:
<link rel="icon" type="img/jpg" href="img/namalogo.jpg">


img : tempat saya menyimpan logo. apabila nama folder kalian img, image, foto atau dll.
tuliskan pada kode
type="img/jpg" atau type="image/jpg" atau type="foto/jpg"
href="img/namalogo.jpg"> atau href="image/namalogo.jpg"> atau href="foto/namalogo.jpg">
  

jpg : format logo saya. apabila format logo kalian jgp atau png.
tuliskan pada kode
type="img/jpg" atau type="img/png"


Kalau sudah selesai. silahkan refresh halaman website kalian.
Gambar favicon Anda sekarang sudah muncul pada website kalian.
Semoga Bermanfaat

Hosting Unlimited Indonesia