Penggunaan gadget dan khususnya laptop yang rutin merupakan sesuatu yang menjadi kebutuhan kita sehari-hari. Dari mulai mengerjakan tugas kantor, sekolah, ataupun kuliah ataupun menonton film dan bermain game menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa dijauhkan dengan kehidupan kita setiap harinya.
Kamu pasti nggak mau dong laptop yang baru kamu beli cepat rusak karena kurangnya perawatan atau malah karena perawatan yang salah. Kalau iya dan kamu lagi butuh tips agar laptop kamu awet, kamu datang ke artikel yang tepat. Ini dia cara merawat laptop agar tidak cepat rusak.

1.     Jangan Menggunakan Laptop Sambil Di Charger
Bagian ini yang paling penting, banyak yang mengeluh batre bocor dan cepat panas. Maka dari itu jika sedang memakai leptop tapi batrei habis boleh menggunakan sambil mencarger tetapi jika daya batre sudah penuh kalian bisa cabut cargernya. Agar batre leptop bisa awet dan bertahan lama.

2.     Jangan Memcolokan Kabel Ke Laptop Sebelum Mencolokan Kabel Ke Lisrik
Ini juga bagian yang paling penting, karna apa bila mencolokan kabel ke laptop terlebih dahulu sebelum mencolokan kabel ke listrik, di takutkan arus listrik tidak stabil atau bermasalah. Ini bisa mengganggu sistem laptop dan membuat leptop kita cepat rusak.

3.     Jangan Taruh Laptop di Atas Kasur
Kebiasaan banyak orang adalah bermain laptop di atas kasur, padahal ini sangat tidak baik karena menggunakan laptop diatas kasur dapat menghambat sirkulasi udara didalam laptop,Akibatnya laptop anda akan overheat atau kelebihan suhu dari hardware meningkat dan bisa cepat merusak laptop Anda.

4.     Jangan Mengangkat Laptop dalam Keadaan Menyala
Mengapa tidak boleh? Karena laptop yang dalam keadaan menyala, Harddisk-nya masih bekerja dan takutnya piringan Harddisk bisa tergores dan menyebabkan BAD SECTOR.

5.     Bersihkan laptop secara rutin
Pembersihan laptop tentunya sangat penting untuk dilakukan karena debu-debu nakal yang tanpa kita sadari bnyak yang menempel dan masuk kedalam laptop kita. Kita harus selalu rutin membersihkan laptop baik itu bagian luar dan anda harus bisa membersihkan bagian dalam laptop agar kebersihan laptop anda terjaga dengan maksimal.

6.     Jangan Menaruh Barang Berat di Atas Laptop
Sebagian orang terbiasa menaruh barang diatas laptop yang sedang nganggur. Mulai dari kertas, pensil, buku, handphone, tablet, dll.

Kebiasaan menaruh barang, khususnya yang berat-berat, maka akan berurusan dengan yang berat juga nanti. Kemungkinan besar yang rusak adalah layarnya. Sering-sering aja naruh barang berat, nanti desktopnya bakal ganti tema, dark themes.

7.     Jangan Browsing dan Download Sembarangan
Setiap orang pasti benci dengan yang namanya virus atau malware. Yang namanya virus pasti mengganggu, tergsntung pada tingkatan maksud si pembuatnya aja. Kalau cuma iseng tidak seberapa bahaya. Tapi kalo niatnya ngerampok ? Kayak virus itu tuh yang mengunci dan menjadikan semua file sebagai tawanan dan meminta sejumlah uang kalau ingin dibuka kuncinya.

Ternyata, virus-virus yang ada di komputer itu sebagian besar berasal dari situs-situs tidak jelas yang kita akses. Situs akan melakukan transfer file (virus) ke komputer pengunjungnya secara tidak kasat mata.

Untuk itu, setiap kali berselancar di internet, pastikan antivirus hidup dan dapat digunakan. Antivirus ini akan memperingatkan kita jika situs yang akan diakses itu berbahaya. Kalaupun kita lanjut, antivirus akan mencegah pengunduhan gaib itu.


Hosting Unlimited Indonesia