Mengapa merawat hardisk sangat penting?
Hardisk merupakan hardware yang sangat penting mengingat fungsinya sebagai tempat penyimpanan data. Namun perawatan hardware penting ini bisa dibilang tidaklah mudah. Jika kamu menggunakan dan merawatnya dengan cara yang tidak benar, maka tingkat resiko terjadinya kerusakan hardisk sangatlah tinggi. Lalu bagaimana cara merawat hardisk yang baik dan benar?
foto/ westerndigital

Selalu Gunakan Opsi “Safely Remove Hardware”
Cara yang biasanya diremehkan orang sehingga banyak yang langsung mencabut kabel harddisk eksternal dari CPU. bisa saja data yang sedang kamu gunakan itu berasal dari harddisk eksternal kamu, dan ketika kamu langsung mencabutnya maka akan menghasilkan data corrupt, dan lebih parah lagi apabila rusak pada Master Boot Record

Jangan Sampai Terjatuh
Salah satu penyebab kerusakan utama pada hard disk eksternal adalah karena benturan atau jatuh ke permukaan keras. Nggak seperti flash disk yang sudah sepenuhnya digital, hard disk masih memiliki komponen mekanik yang sangat sensitif terhadap guncangan sekecil apapun.

Berikan Sirkulasi Udara Yang Baik Untuk Hard Disk
Pada saat beroperasi, sistem mesin hard disk eksternal akan memutar piringan yang ada di dalamnya untuk membaca data. Kinerja ini akan cenderung membuat hard disk terasa panas. Oleh karena itu, kamu harus menjaga sirkulasi udara di sekitar hard disk biar temperaturnya nggak ketinggian. Misalnya, jangan meletakkan perangkat ini di atas bantal atau kasur karena nggak ada saluran udara yang baik. Sebaliknya, kamu bisa menyediakan kipas angin kecil untuk menjaga sirkulasi tetap lancar.

Jauhkan Dari Cairan
Apabila alat elektronik berhubungan langsung dengan cairan, karena bisa menimbulkan konsleting.

Jauhkan Benda Bermagnet
Selama hard disk masih memakai komponen mekanik, maka hard disk akan tetap rentan terhadap gerakan paksa. Sebuah magnet dapat secara paksa menarik komponen mekanik dalam hard disk. Hal ini  dapat merusak sistem kerja hard disk tersebut. Tidak hanya itu, platter yang ada di dalam hard disk pun bisa rusak karena adanya medan magnet.
Hosting Unlimited Indonesia