Theme, tema atau template website adalah sebuah tampilan website yang dapat dilihat semua orang melalui internet. Dengan adanya theme website jadi terlihat lebih menarik dan memiliki fitur-fitur lengkap untuk menunjang sebuah website agar tampil profesional. 

Platform website yang paling populer adalah WordPress yang memiliki banyak koleksi themes gratis maupun premium, banyak sekali pengembang theme yang memberikan dukungan kepada wordpress dengan memberikan karya theme yang dapat dipilih oleh penggunanya.

Apakah anda termasuk orang yang kepo terhadapat theme website orang lain? kalau iya berarti sama dengan saya, ini sudah hal yang wajar bahwa sebuah keindahan patut untuk dikagumi dan kita bisa meniru kebaikan tersebut semampu kita.

Banyak sekali template wordpress yang memiliki tampilan keren dari berbagai tipe, mulai kolom satu, kolom dua atau kolom 3. Dilengkapi juga dengan slider, tampilan responsive, kekinian, mudah digunakan, kelihatan elegan dll.

Nah kali ini saya akan membantu gimana cara mengetahui theme wordpress yang digunakan orang lain. Selain itu juga dapat mengetahui plugin-plugin apa saja yang digunakan pada website tersebut. Guna untuk dapat kita jadikan referensi dan dapat dipasang pada website kita masing-masing.

Caranya sebagai berikut:

1. Scan WP

ScanWP adalah Tool wpdetector gratis yang memberi Anda informasi dasar tentang tema, tool juga ini menyediakan beberapa daftar mengenai tema yang paling banyak dipindai, plugin, dan pembuat halaman. Bergantung pada temanya, ScanWP juga dapat menunjukkan harga tema. Cara menggunakannya sebagai berikut: 

Masukkan link website yang ingin diketahui Themenya pada kolom pencarian yang sudah tersedia. Lalu tekan tombol Detect.


Maka akan terlihat keterangan nama Theme, Plugin yang digunakan, dll.


2. Wp Theme Detector

WP Theme Detector adalah tool hebat dengan fitur-fitur canggih, serta dilengkapi dengan antarmuka yang tampak bagus yang dapat memberi Anda beragam informasi tambahan yang dapat Anda gunakan untuk menemukan referensi yang lebih luas dengan top-rank search-nya mengenai tema. Anda akan menemukan deskripsi tema, penulis, plugin, dan bahkan popularitas tema. Yang harus Anda lakukan hanyalah memasukkan URL situs web lalu tekan tombol Experience the magic of WPTD, dan tool tersebut akan menampilkan semua data yang tersedia.


Tunggu proses pencarian selesai dan lihat hasilnya pada bagian bawah.



3. WordPress Theme Search

Informasi yang diberikan cukup lengkap, karena juga mencantumkan semua plugin yang digunakan oleh situs web. Cara menggunakannya cukup masukkan URL situs dan tekan Tombol Search.


Tunggu proses pencarian dan lihat hasilnya.



4. What WordPress Theme IsThat

Yang terakhir tidak seperti Tool Wpdetector sebelumnya, tool ini hanya berfokus pada penyediaan informasi tentang tema. Jadi, Anda tidak akan menemukan informasi tambahan tentang situs web tersebut. 


Masukkan URL website dan tekan tombol Find Theme. Maka akan keluar hasilnya dengan keterangan seputar theme mulai dari nama dan versi theme tersebut.

 


Demikian tips untuk mengetahui theme yang digunakan pada website yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk membangun website profesional dengan tampilan menarik dan elegan dengan berbagai fitur yang bermanfaat.

Hosting Unlimited Indonesia