Foto: Walmart.com
Seiring berkembangnya teknologi wireless, bluetooth, kini banyak dimanfaatkan di berbagai perangkat elektronik dan mobile. Salah satunya adalah headset. Bahkan, kini banyak vendor yang telah memanfaatkan teknologi bluetooth hampir pada semua perangkat headset buatan mereka.

Bluetooth merupakan teknologi nirkabel dengan begitu banyak manfaat yang luar biasa. Keberadaan bluetooth mampu menyatukan beberapa gadget dalam waktu bersamaan. Bluetooth memungkinkan anda untuk bertukar file dalam bentuk file yang beragam secara bebas. 

Dengan perangkat ini, Anda dapat melakukan multitasking dengan mudah. Anda pun tidak akan kewalahan membetulkan kabel headset yang kusut. 

Berikut 5 cara merawat earphone bluetooth : 

1. Membeli earphone dengan teknologi magnet 
Dilansir Lonelybrand, Anda disarankan untuk membeli earphone bluetooth yang bermagnet dengan desain berkalung. Mengapa? Karena akan memudahkan Anda untuk mengeluarkan earphone dari telinga Anda. 

2. Rutin mengganti bantalan telinga earphone 
Kesesuaian di dalam liang telinga Anda dapat memengaruhi peredam bising hingga kualitas suara. Untuk mengganti bantalan telinga, pegang dengan kuat dan tarik bantalan karet dari earbud. Setelah Anda memasang bantalan telinga dengan ukuran yang berbeda, uji lah untuk memastikan segelnya sempurna. Kebisingan sekitar harus diredam secara signifikan. Segel yang baik juga akan membantu mencegah earphone jatuh. 

3. Hapus koneksi bluetooth yang tidak perlu 
Menurut Next Pit, untuk menjaga earphone Anda supaya tidak rusak, hapus koneksi bluetooth yang tidak perlu. Kemungkinan smartphone bisa ‘kewalahan’ oleh sejumlah hal yang mencoba menyambungkannya. 

4. Pastikan earphone Bluetooth Anda memiliki daya baterai yang cukup 
Earphone bluetooth cenderung akan memutuskan koneksi secara berkala saat baterai hampir habis. Oleh karena itu, pastikan earphone Anda memiliki cukup daya. 

5. Jauhi earphone bluetooth Anda dari router WiFi 
Untuk mencegah gangguan koneksi, Anda disarankan untuk menjauhi router WiFi. Bisa jadi spektrum WiFi sama dengan earphone. Oleh sebab itu menyebabkan beberapa gangguan.

Data: Diolah dari berbagai sumber

Hosting Unlimited Indonesia