Hampir semua blog yang ada di internet mencantumkan kontak yang bisa dihubungi, dengan tujuan mempermudah para pengunjung agar bisa berkomunikasi dengan admin blog secara cepat, efektif, dan pastinya tidak ribet. faktanya banyak para pengunjung blog enggan memanfaatkan fitur tersebut. Kini blogger bisa menggunakan Whatsapp button atau tombol whatsapp merupakan tombol yang berfungsi untuk mempermudah pengunjung berkomunikasi dengan lebih efektif via aplikasi whatsapp.

Tombol whatsapp yang dipasang pada blog biasanya bersifat redirect langsung menuju ke arah kontak nomor yang telah disisipkan pada tombol tersebut. Dengan menekan icon tombol whatsapp tersebut secara otomatis kita akan diarahkan langsung menuju aplikasi whatsapp untuk melakukan chatting dengan admin.

Diartikel ini kita akan menggunakan jasa gratis pembuatan tombol navigasi whatsapp pada blog. Kita akan memanfaatkan jasa dari situs getbutton.io dimana situs tersebut merupakan alat untuk mendapatkan kode script yang nantinya akan kita pasang pada blog yang diinginkan. Melalui situs tersebut kita akan mendapatkan kode script otomatis untuk ditempelkan pada blog yang diinginkan sehingga kita tidak perlu melakukan teknik coding yang begitu rumit.

Tutorial Lengkap Cara Membuat Tombol Widget WhatsApp di Blog

1. Silahkan kunjungi situs getbutton.io


2. Kemudian  klik pada bagian “get your button” dan akan menampilkan menu seperti di bawah ini.


3. Selanjutnya klik icon whatsapp kemudian masukkan nomor aktif ke dalam form yang tersedia.


Perhatikan nomor harus di awali dengan kode negara Indonesia (+62). Contoh +62812345xxxxx

Khusus hal ini merupakan pilihan optional, kamu dapat merubah penempatan tombol di kanan atau kiri. Kemudian kamu juga dapat merubah tulisan “message us” sesuai dengan keinginanmu. Disini saya merubah tulisan “message us” menjadi “chat now”. Silahkan disesuaikan dengan kreasi kalian.


4. Langkah selanjutnya masukkan Email lalu klik get button kode lalu dapatkan kode script whatsapp untuk dipasang pada blog kalian masing-masing.



Cara Memasang Tombol WhatsApp di Blogger

1.       Pergi ke dashboard blogger kemudian masuk ke bagian Tata letak - Pilih Tambahkan Gadget.


2.       Kemudian Pilih </> HTML/Javascrip


3.       Masukkan kode script tadi pada form konten yang disediakan. Klik simpan dan selesai.


Sekarang kalian bisa mengecek langsung pada situs atau blog kalian masing-masing untuk memastikan tombol widget WhatsApp muncul di blog.


Jika tombol WhatsApp telah muncul dan di klik akan langsung mengarah pada nomor tujuan  seperti diatas berarti kalian telah sukses mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar.

Hosting Unlimited Indonesia